Memori RAM dan ROM Smartphone Nggak Sama Lho, Berikut Perbedaan Memori RAM dan ROM?

Merangkum dari beberapa sumber, inilah beberapa perbedaan antara RAM dan ROM pada ponsel pintar yang kamu miliki.

1. Pengertian dari RAM dan ROM
RAM adalah Random Access Memory. Sedangkan ROM kepanjangan dari Read Only Memory.

2. Perbedaan Fungsi RAM dan ROM
Meskipun sama-sama termasuk memori internal ponsel, RAM dan ROM memiliki perbedaan fungsi serta tugasnya.

RAM memiliki fungsi untuk membaca, menulis data, serta menjalankan aplikasi dengan cepat. Sedangkan ROM memiliki fungsi untuk menyimpan program pada saat awal mengunduh aplikasi dan hanya bisa membaca tanpa bisa mengubah.

3. Perbedaan Tugas RAM dan ROM
Kedua jenis memori penyimpanan data ini memiliki tugas yang berbeda.

RAM memiliki tugas untuk menyimpan data yang masih bisa diakses secara acak dan kapanpun maunya. RAM juga bertugas sebagai tempat menyimpan file data yang mudah diakses dan diubah. Penggunaan RAM hanya pada aplikasi-aplikasi yang dijalankan. Beberapa data pada RAM bisa hilang tetapi juga bisa tersimpan. Inilah yang terkadang membuat ponsel menjadi lemot.

Sedangkan ROM merupakan bentuk penyimpanan data internal yang hanya bertugas menyimpan data yang tidak mudah diprogram ataupun diubah. ROM tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi karena ROM hanya bertugas menyimpan data dari aplikasi diunduh agar bisa dijalankan.

4. Perubahan Bisa Terjadi
Data dalam RAM terus menerus berubah. Data yang berubah-ubah itu berdasarkan pada aplikasi yang dijalankan. Selain itu beberapa data akan hilang apabila kehilangan daya listrik.

Sedangkan data dalam ROM tidak berubah. Namun, data tidak hilang walaupun tidak ada daya listrik. ROM adalah sebuah hardware atau sistem operasi yang menyimpan data-data pendukung dalam satu folder aplikasi agar aplikasi tersebut dapat dijalankan.

5. Kapasitas RAM dan ROM
Biasanya kapasitas RAM lebih besar dibandingkan dengan kapitas ROM. Oleh karena itu, sering kali untuk menambah kapasitas penyimpanan diperlukan memory eksternal.
Sumber: Grid.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak