Apa ya Bedanya Kreatifitas dan Inovasi?

Kreatifitas
  • Kreatif adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru yang sebelumnya belum pernah ada atau belum ditemukan, dengan menghasilkan ide baru atau teknologi baru.
  • Kreativitas bersifat subyektif, artinya, tidka dapat diukur dan setiap orag akan memiliki penilaian yang berbeda terhadap tingkat kreativitas tersebut.
Image source: internbridge

Inovasi
  • Innovasi adalah menerapkan penemuan baru ini untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai tambah dalam kegiatan sehari-hari atau bagi masyarakat. Dengan kata lain, inovasi adalah penterjemahan ide tersebut menjadi produk atau jasa yang terlihat.
  • Berbeda dengan kreativitas yang bersifat subyektif, inovasi ini bersifat obyektif atau dapat diukur, dengan melihat seberapa besar dampak atau nilai tambah yang dihasilkan dari penerapan inovasi tersebut.

Contoh
Kreatif adalah menemukan cara untuk mengolah bahan dari tumbuhan seperti tebu hingga menjadi minyak etanol. Sementara inovasi adalah menggunakan minyak etanol ini sebagai bahan bakar alternatif untuk mengurangi ketergantungan bahan bakar fosil.
Sumber: Brainly.co.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak