Lagi Musim Durian nih, Sudah Tahu Belum Bedanya Durian Montong dan Durian Medan?

Beberapa durian yang kerap dijajakan di Indonesia antara lain durian Petruk, Monthong dan Medan.Ketiga jenis durian tersebut memiliki keunggulan tersendiri.
Image source: okezone
Durian Monthong
Ketika mendengar nama ini tentu Anda akan menganggap bahwa buah durian ini berasal dari Thailand. Memang, pada dasarnya durian ini berasal dari Thailand. Namun di Indonesia banyak petani yang membudidayakannya sehingga kini banyak Durian Monthong lokal yang beredar di pasaran.

Menurut Soleh (salah seorang penjaja Durian di kawasan Taman Makam Pahlawan Kalibata), ciri khas Durian Monthong adalah ukurannya besar. Berat per buahnya bisa mencapai 3-4 kilogram. Warnanya tampak kekuningan dan aromanya yang menyengat. 

Ketika dibuka, daging Durian Monthong cenderung besar, berwarna kekuningan dan tebal. Ketika melesat di lidah, rasa manisnya begitu kentara, jika Anda mendapatkan jenis buah yang matang. 

Durian Monthong lokal ditawarkan Soleh seharga Rp 120-165 ribu.

Durian Medan
Durian lokal satu ini paling populer di antara jenis durian lokal lainnya. Bahkan kini banyak kuliner hasil olahan Durian Medan seperti pancake durian, es krim dan sop durian. Cita rasanya yang manis legit dengan ukuran tak terlalu besar menjadi alasannya.

Soleh menyebut ukuran durian Medan biasanya lebih kecil daripada Durian Petruk. Kulitnya berwarna hijau dan aromanya yang tak terlalu tajam. Di antara ketiga jenis durian yang dijajakan Soleh, durian jenis ini dibanderol paling murah yakni Rp65 ribu.
Sumber: Suara.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak