Kalau Masih Bingung Membedakan Jahe dan Lengkuas (Laos), Berikut Perbedaannya

Bagi para koki atau juru masak tentunya sudah nggak asing lagi dengan yang namanya jahe dan lengkuas atau laos, jenis rempah-rempah yang tak pernah absen digunakan sebagai penyedap masakan. Bumbu rempah yang banyak sekali digunakan dalam resep masakan sehari-hari ini memang sekilas serupa namun sebenarnya tak sama.

Kalau kalian hobi masak, perbedaan dua jenis rempah-rempah ini perlu untuk diketahui karena bila salah meramunya dalam masakan akan cukup berpengaruh pada rasa dan aroma. Dirangkum brilio.net, berikut tips membedakan antara jahe dan lengkuas.

Jahe
Jahe mempunyai bentuk seperti ruas jari manusia, punya wangi yang khas seperti yang ada pada wedang ronde, wedang jahe ataupun permen jahe.

Jahe juga mempunyai rasa yang sedikit pedas dan memberikan efek hangat apabila dimakan. Bagian dalam jahe mempunyai serat yang lumayan lembut dan berwarna kekuningan.

Lengkuas
Lengkuas atau laos memiliki tekstur kulit yang lebih kasar dan memiliki aroma yang tidak terlalu kuat. Dagingnya cenderung lebih keras dan lebih berserat.

Selain sebagai bumbu masakan, menurut orang dulu lengkuas juga mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit kulit.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak